Senin, 22 Februari 2010

Ciri-ciri Makhluk Hidup

CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup mempunyai ciri – ciri :
1. Makhluk hidup memerlukan makan dan minum
2. Makhluk hidup bergerak
3. Makhluk hidup bernafas
4. Makhluk hidup tumbuh
5. Makhluk hidup berkembangbiak
6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan

1. Makhluk hidup memerlukan makan dan minum



Manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan sebagai sumber tenaga.
Tumbuhan berhijau daun membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang terjadi di daun dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah dan mengambil gas karbondioksida dari udara, dengan bantuan energi cahaya matahari, tumbuhan mengubah air dan karbondioksida menjadi makanan-nya. Zat hujau daun disebut juga dengan klorofil. Hanya tumbuhan yang berklorofil yang dapat melakukan fotosintesis.

2. Makhluk hidup bergerak
Manusia dan hewan begerak berpindah tempat, tetapi tumbuhan tidak dapat berpindah tempat. Tumbuhan bergerak, tetapi tidak dapat berpindah tempat. Contoh gerakan tumbuhan adalah gerakan akar memanjang ke bawah dan kesamping. Tunas, daun, dan batang tumbuhan selalu mengarah ke arah datangnya cahaya matahari, serta mekarnya bunga.

3. Makhluk hidup bernafas
Manusia dan hewan bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Tumbuhan bernafas memerlukan gas karbondioksida dan mengeluarkan gas oksigen. Sehingga manusia dan tumbuhan saling ketergantungan. Alat pernafasan manusia adalah paru – paru. Cara bernafas pada hewan tidak sama antara satu dengan yang lain. Tumbuhan bernafas menggunakan seluruh permukaan tubuhnya. Udara dapat masuk melalui mulut daun (stomata). Udara juga dapat masuk melalui pori – pori kulit batang atau intisel.

4. Makhluk hidup tumbuh
Semua Makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan batang yang semakin tinggi dan daun yang semakin banyak. Pertumbuhan pada manusia dan hewan ditandai dengan bertambah besar, bertambah tinggi, dan bertambah berat.

5. Makhluk hidup berkembangbiak


Proses yang dilakukan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan baru disebut berkembangbiak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda – beda. Manusia berkembangbiak dengan cara melahirkan. Hewan berkembangbiak dengan cara bertelur, beranak, dan bertelur kemudian melahirkan. Ada juga yang berkembangiak dengan cara membelah diri, misalnya hewan yang sangat kecil (bakteri). Tumbuhan berkembangbiak dengan 2 cara, yaitu:
- Secara alami, yaitu:
1. Biji, Contoh : Padi, Jagung, dan Kacang
2. Tunas, Contoh : Pisang
- Secara buatan (Tumbuan berkembangbiak dibantu oleh manusia), yaitu :
1. Cangkok, Contoh : Jambu, Mangga, dan Rambutan
2. Stek, Contoh : Singkong
3. Okulasi, Contoh : Jeruk


6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
Sesuatu yang ada di luar tubuh makhluk hidup marupakan rangsangan. Rangsangan berupa cahaya, bunyi, panas, dingin, bau, sentuhan. Makhluk hidup mempunyai kemampuan menerima dan menanggapi rangsangan. Manusia dan hewan mempunyai alat indra yang berfungsi untuk menerima dan menanggapi rangsangan.
Misalnya:
1. mata menerima rangsangan yang berupa cahaya
2. telinga menerima rangsangan suara
3. hidung menerima rangsangan bau
4. kulit menerima rangsangan sentuhan
5. lidah menerima rangsangan rasa.
Tumbuhan tidak mempunyai alat indra seperti manusia dan hewan. Tetapi tumbuhan dapat juga menerima dan menanggapi rangsangan. Antara lain rangsangan cahaya dan sentuhan.
Contohnya : Jika daun putri malu kita sentuh maka daunnya akan mengatup (menutup)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar